Mengetahui Pentingnya Pemberian MPASI pada Bayi

Di Parenting 222 views

Pentingnya Pemberian MPASI pada BayiMengetahui Pentingnya Pemberian MPASI pada Bayi – Magetweb.com Bayi dikatakan sehat apabila mampu melewati masa kritis 1000 hari pertamanya. Itu artinya pada usia ini bayi harus selalu mendapatkan kebutuhan nutrisi yang lengkap, tidak kurang tidak lebih. Saat bayi baru lahir, bayi harus diberi ASI eksklusif hingga usia 6 bulan. Jadi pada usia 0 – 6 bulan bayi tidak boleh diberikan apapun selain ASI.

Setelah berusia 6 bulan, bayi sudah bisa diperkenalkan dengan dengan MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Kendati demikian jenis makanan yang diberikan haruslah sesuai dengan usia si bayi. Berikan makanan yang teksturnya halus dan lembut seperti Bubur Nestle Cerelac.

Mengetahui Pentingnya Pemberian MPASI pada Bayi

Seiring pertumbuhan dan perkembangannya, bayi memerlukan asupan gizi dan nutrisi yang terus bertambah. Apabila dulu di usia 0 hingga 6 bulan bayi hanya cukup diberi ASI, namun setelah berusia 6 bulan, bayi harus diberi MPASI karena kebutuhan asupan nutrisinya juga meningkat.

Umumnya bayi Indonesia yang berusia 6-8 bulan membutuhkan MPASI kurang lebih 200 kkal/hari, sedangkan untuk bayi berusia 9-11 bulan membutuhkan 300 kkal/hari dan bayi berusia 12-23 bulan memerlukan asupan MPASI sebanyak 550 kkal/hari. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa dengan bertambahnya usia si kecil, maka tingkat kebutuhannya pun berbeda.

Meski dari segi usia bayi sudah harus diperkenalkan dengan makanan, namun pemberian MPASI ini tidak boleh dilakukan tanpa persiapan. Hal ini mengingat 6 bulan sebelumnya bayi hanya mengenal ASI untuk mengenyangkan perutnya, sehingga dibutuhkan pula waktu untuk mengenalkan makanan pada bayi.

Hindari memaksa bayi untuk makan, berikan secara pelan-pelan dan ketahui pasti jam-jam lapar si kecil. Alihkan perhatian bayi dengan mainan atau hiburan agar kita lebih leluasa menyuapinya. Apabila bayi menunjukkan reaksi penolakan, sebaiknya kita tidak memaksanya karena tindakan memaksa ini justru bisa menimbulkan rasa trauma yang akhirnya membuat bayi enggan makan.

MPASI harus diberikan pada bayi setidaknya sampai bayi berusia 24 bulan. Jadi selama rentang waktu tersebut jenis makanan yang diberikan untuk bayi pun menjadi poin penting. Untuk MPASI, diharuskan diberi makanan yang bergizi lengkap dan seimbang yang artinya makanan tersebut harus mengandung energi, protein, asam amino, zat besi, hingga seng.

Pastikan pula kita menyajikannya dengan tingkat kebersihan dan keamanan yang tinggi. Tentu saja ini bertujuan agar bayi tidak keracunan makanan yang bisa membuatnya terserang diare atau gangguan pencernaan lainnya.

Untuk bayi berusia 6 bulan, MPASI yang disarankan adalah makanan dengan tekstur lembut atau lumat. Ini dapat berupa bubur saring maupun bubur susu. Karena masih tahap pengenalan, berikan 2 kali sehari dan setiap kali makan cukup disuapi 2 hingga 3 sendok saja. Ini menjadi periode dimana bayi dikenalkan dengan rasa.

MPASI yang dipilih bisa berupa gandum, nasi, jagung, ubi, padi-padian, kentang, wortel, hingga pisang yang tentu saja harus disajikan dengan cara dilumatkan. Namun jika ingin yang lebih praktis kita bisa memilih bubur Nestle Cerelac.

Sementara itu, untuk bayi yang berusia 9 hingga 11 bulan sudah bisa dikenalkan dengan nasi tim maupun bubur nasi. Pada periode ini frekuensi pemberiannya bisa ditingkatkan, dari yang semula 2 kali sehari kali ini kita bisa memberikan 3 kali sehari. Tehniknya sama, suapkan sedikit demi sedikit agar anak pun menikmati momen MPASI nya.

Demikian penting periode MPASI bagi bayi. Untuk itu, sebagai orang tua kita harus mengetahui betul perihal MPASI ini. Mulai dari waktu tahap pengenalan, jenis makanan hingga tehnik pemberiannya. Dengan begitu si kecil akan mendapatkan nutrisi dan gizi yang lengkap dan seimbang.

Tags: #Bayi #Makanan #Parenting

author
Penulis: 
Binazirnews.com adalah sebuah blog yang mencoba untuk memberikan informasi yang bermanfaat.
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Perlu Bunda Ketahui
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Perlu Bunda Ketahui
Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Perlu Bunda
Mengenal Manfaat Susu Pertumbuhan Anak
Mengenal Manfaat Susu Pertumbuhan Anak
Mengenal Manfaat Susu Pertumbuhan Anak  – Magetweb.com
Cara Mendidik Anak Usia Dini
Cara Mendidik Anak Usia Dini
Cara Mendidik Anak Usia Dini – Andysreviews.com
Makanan Sehat Bagi Pertumbuhan Gigi Si Kecil
Makanan Sehat Bagi Pertumbuhan Gigi Si Kecil
Makanan Sehat Bagi Pertumbuhan Gigi Si Kecil

Tinggalkan pesan "Mengetahui Pentingnya Pemberian MPASI pada Bayi"

Baca Juga×

Top